Senin, 04 Juni 2012


Membuang Sampah Sembarangan di Sekolahan
                  
Di Jakarta, ada banyak sekali orang-orang yang membuang sampah di jalan atau tidak di tempatnya. Di sebuah sekolah yang bertempat di Jakarta Selatan, banyak juga orang-orang dan murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Masalah ini dapat mengganggu sebagian orang.


Biasanya ada banyak sampah di tempat-tempat seperti kantin sekolah, parkiran, lobby, dan lain-lain. Akibat dari masalah ini dalah orang-orang bisa terganggu oleh sampah yang mereka liat, dan sampah yang berantakan tidak nyaman untuk di pandang. Selain itu, sekolah Sekolah tersebut juga menjadi kotor karena sampah yang berserakan. Saya sendiri merasa tidak terlalu nyaman jika melihat ada sampah yang tidak di buang pada tempatnya.


Menurut saya, alasan jika seseorang membuang sampah sembarangan adalah mereka malas untuk membuang sampah di tempatnya, atau tempat sampahnya jauh, sehingga mereka membuangnya di jalan. Ada kemungkinan juga adalah orang-orang tidak mau membuang sampah di tempatnya karena sebagian tempat sampah di bagian kantin di tutup, dan mereka tidak ingin memegang tutupnya. Juga karena tempat sampah sekolah tersebut baunya tidak enak.


Solusi saya untuk masalah ini adalah, sekolah tersebut harus menyediakan tempat sampah yang dapat dibuka tanpa tutup yang harus di angkat. Tempat sampah di sekolah juga harus diperbanyak, agar orang-orang tidak perlu jalan jauh-jauh untuk mencari tempat sampah. Murid-murid dan orang-orang di sekolah tersebut juga harus lebih bertanggung jawab dan menjaga kebersihan sekolah.


Masalah ini berhubungan dengan Big Question kami tahun ini, yaitu “How can we consider an action weather it is unethical or ethical?” karena membuang sampah adalah suatu perbuatan, namun karena membuang sampahnya sembarangan perbuatan tersebut menjadi tidak etis. Perbuatan tersebut tidak etis karena membuang sampah sembarangan dapat mengganggu orang-orang yang berada di sekitarnya.


Cut Tijani Ramadhanti Laksmana
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar