Senin, 04 Juni 2012


Membuang Sampah Sembarangan Di Sekolah Dan Sekitarnya

            Jakarta adalah kota metropolitan yang sangat padat dengan penduduk dan juga merupakan ibu kota Indonesia. Di Jakarta tedapat banyak orang-orang yang membuang sampah sembarangan yaitu tidak membuangnya pada tempatnya. Di sebuah sekolah di Jakarta Selatan yang kami survey, banyak orang-orang dan murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Padahal mereka sudah mengetahui apa akibatnya kepada alam. Membuang sampah sembarangan dapat mengganggu kenyamanan orang lain.
            Setelah kami survey tempat-tempat yang terdapat banyak sampah adalah kantin, parkiran, lobby, lapangan olahraga dan lain-lain. Akibat dari masalah ini adalah kenyamanan orang lain bisa terganggu, dan sampah yang di mana-mana mejadikan tidak nyaman di pandang dan membuat kesan kumuh dan kotor. Selain itu, sampah sampah tersebut mampu merusak ekosistem di sekitar tempat tersebut. Saya pribadi merasa tidak nyaman melihat dan mencium bau sampah yang di buang sembarangan.
            Penyebab dari masalah ini adalah mereka malas membuang sampah pada tempatnya, tempat sampat jauh atau kotor atau mungkin karena tempat sampahnya kotor dan bau. Itu adalah penyebab utama masalah ini bisa terjadidi sekolah tersebut.
            Solusi saya untuk masalah ini adalah, sekolah tersebut harus menyediakan tempat sampah yang banyak, supaya orang-orang tidak harus berjalan jauh untuk mencari/menemukan tempat sampah. Seharusnya setiap lima sampai tujuh meter di sediakan tempat samah yang bersih. Murid-murid dan orang-orang di sekolah tersebut juga harus di ajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan karena tindakan itu tidak beretika dan lebih bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan sekolah.
Perbuatan membuang sampah sembarangan tidak etis. Karena dapat menggangu kenyamanan dan lingkungan di sekitar kita. Dengan itu kita sesama manusia harus saling menghargai.
 
6-7K
William Harmanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar